KATA PENGANTAR
Segala puji syukur saya haturkan kehadirat Allah
SWT. yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan inayahnya, sehingga saya dapat
menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen Mata Kuliah Studi Kelayakan
Bisnis.
Saya menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari
sempurna. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya
membangun untuk perbaikan dikemudian hari.
Akhir
kata kepada Allah SWT. saya memohon taufik dan hidayah-Nya semoga usaha saya
ini senantiasa dalam keridhoan-Nya dan semoga tugas ini dapat memberi manfaat
bagi semuanya serta dapat memberikan nilai yang baik buat saya. Amin
Tebing
Tinggi, Nopember 2014
Penyusun
Sri Ramadaningsih
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN .......................................................................................... 1
A.
Latar
Belakang Usaha .......................................................................... 1
B.
Visi
dan Misi ........................................................................................ 2
C.
Tujuan
Usaha ....................................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN USAHA............................................................................... 3
A.
Aspek Pasar dan Pemasaran ............................................................... 3
1.
Sasaran
Pasar ................................................................................. 3
2.
Potensi
Pasar .................................................................................. 3
3.
Pesaing
Pasar ................................................................................. 3
B.
Aspek
Teknis
1.
Lokasi
............................................................................................ 4
2.
Produk
........................................................................................... 4
3.
Bahan
Baku ................................................................................... 5
4.
Proses
Produksi .............................................................................. 5
C.
Aspek
Manajemem .............................................................................. 6
1.
Informasi
Tentang Partner ............................................................. 6
2.
Informasi
Organisasi Usaha ........................................................... 6
D.
Aspek
Keuangan .................................................................................. 6
1.
Modal
Awal ................................................................................... 6
2.
Harga
Jual ...................................................................................... 6
3.
Keuntungan
................................................................................... 7
E.
Aspek
Persaingan ................................................................................. 7
a.
Kekuatan
yang dapat mendukung untuk mencapai sasaran usaha (Strength) 7
b.
Kelemahan
yang membatasi atau menghambat kemampuan dalam mencapai sasaran usaha (Weakness) ........................................................................................................ 7
c.
Peluang
usaha (Opportunity) .......................................................... 8
d.
Hal
hal yang dapat mengancam dan membahayakan kegiatan usaha (Threat) 8
BAB III
PENUTUP ....................................................................................................... 9
A.
Simpulan
.............................................................................................. 9
B.
Saran
.................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Usaha
Seiring dengan
meningkatnya pertumbuhan industri perdagangan saat ini, dirasakan cukup
berdampak bagi sebagian masyarakat, untuk itu sebagai kaum intelektual, sudah
sewajarnya mahasiswa berusaha menuangkan segala potensi diri dan daya kreasi
untuk menemukan ide-ide dan gagasan usaha untuk dikembangkan.
Salah satu cara
untuk menekan gejolak kepungan industri barang dari luar negeri adalah dengan
mengembangkan industri rumah tangga (home industry), yang selama ini juga
merupakan komoditas spesifik lokal di beberapa daerah. Dengan berwirausaha,
selain dapat menekan angka pengangguran, juga dapat memberikan keuntungan
secara ekonomi. Terutama jika dilakukan secara terus menerus dan selalu
berusaha memberikan kreasi-kreasi baru.
Saat ini saya
melihat banyak sekali anak-anak, remaja putri, mahasiswa, serta ibu-ibu yang
menyukai pernak-pernik aksesori lucu untuk dikenakan sebagai pemanis pada
busana yang dikenakan.
Bros yang
dahulunya hanya digunakan sebagai perekat saat memakai pakaian yang longgar,
kini mulai banyak digunakan sebagai pemanis pada busana yang dikenakan sehingga
terlihat menarik terutama dengan warna dan bentuknya yang beragam. Untuk itu saya
memilih untuk mencoba peluang usaha bros yang terbuat dari kain flanel sebagai
bahan utamanya dengan pertimbangan sebagai berikut:
1. Kain
flannel memiliki banyak warna sehingga perpaduannya dapat menghasilkan
warna-warna yang menarik, selain itu kain flanel juga mudah dibentuk sehingga
kreasi dari bahan ini banyak diminati
2. Kain
flanel merupakan bahan yang murah namun kreasi yang dihasilkan memiliki nilai
jual yang cukup tinggi, tergantung dari tingkat kerumitan dan kreatifitas
pembuat.
B.
Visi
dan Misi
1. Visi
Mengajak para
anak-anak, remaja putri, mahasiswi, maupun ibu-ibu untuk mengkreasikan
penampilannya dengan mengenakan bros kain flanel. Bros kain flanel ini
diperuntukkan untuk siapa saja, baik wanita berhijab maupun tidak berhijab
sehingga penampilan lebih menarik dengan perpaduan bros kain flanel dengan
warna dan motif yang berbeda-beda.
2. Misi
Usaha bros kain flanel
ini mempunyai misi memberikan produk kreasi kain flannel dengan berbagai macam
motif dan warna yang dapat dipadupadankan dengan busana yang dikenakan. Dengan
jaminan pembeli akan mendapatkan layanan terbaik berupa produk yang berkualitas
dengan menggunakan bahan yang baik dan bermutu, menggunakan peralatan yang
aman, menghasilkan produk dengan bahan baku yang mudah di daur ulang, serta
menarik konsumen dengan produk yang unik dan harga yang variatif.
C.
Tujuan
Usaha
1. Mencari
keuntungan/ laba yang maksimal
2. Mengurangi
pengangguran dengan memberikan ide lapangan pekerjaan
3. Menerapkan
pembelajaran dan teori bisnis ke dalam praktek
4. Menjaga
kelangsungan usaha dan dapat mengembangkannya serta memenuhi kebutuhan konsumen
yang terus meningkat.
BAB II
PEMBAHASAN USAHA
A.
Aspek Pasar dan Pemasaran
Pemasaran saya
lakukan secara langsung dengan cara menawarkan kepada calon pembeli disekolah
dan dikampus pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Pasar yang diambil
dari usaha ini adalah semua kalangan, baik kalangan atas, menengah maupun
bawah.
1. Sasaran
Pasar
Sasaran pemasaran dari
kegiatan ini adalah para siswi dan mahasiswi yang dalam kegiatan sehari-harinya
mengenakan jilbab.
2. Potensi
Pasar
Potensi pasar dari
usaha ini masih cukup besar mengingat belum banyak atau bahkan tidak ada siswi
dan mahasiswa yang melakukan kegiatan serupa.
3. Pesaing
Pasar
a. Sempel
Produk Utama “Bros dari Kain Flanel
Pada produk utama walau
terbuat dari bahan baku yang sederhana dan mudah di dapat serta cara
pembuatannya pun tidak sulit dan tidak menngeluarkan biaya besar, namun
kwalitasnya cukup tinggi yaitu tahan lama, modelnya juga lucu dan cantik. Semua
kalangan menyukainya, mereka tidak akan berfikir dua kali untuk membelinya,
karna harganya pun relative murah.
b. Sempel
Produk Pesaing “Bros dari Besi”
Sedangkan pada produk
pesaing yang terbuat dari bahan baku besi, serta pembuatanya pun tidak mudah
dan mugkin mengeluarkan biaya yang cukup besar, yang berkwalitas tinggi yaitu
tahan lama dan dikenal sebagai aksesoris bros termewah. Semua kalangan
menyukainya, namun untuk membeli produk tersebut tidak semua kalangan akan
membelinya, terutama pada kalangan bawah, mereka akan berfikir dua kali untuk
membeli produk tersebut karena harga yang ditawarkan cukup mahal bagi mereka.
B.
Aspek
Teknis
1. Lokasi
Target
pemasaran produk ini sementara adalah siswi pada sekolah Madrasah Aliya dan
mahasiswi pada kampus Al-Hikmah Kota Tebing Tinggi, namun tidak menutup
kemungkinan meluas keluar dari lingkungan sekolah dan kampus.
2. Produk
Produk awal yang
dihasilkan adalah bros/aksesori dengan bahan utama kain flanel. Selanjutnya
dapat juga dibuat berbagai bentuk lain seperti bando, jepit rambut, gantungan
kunci, gantungan hp dan sebagainya. Selain merupakan kegiatan yang
menyenangkan, hasil kreasi dari kain flanel ini dapat berkembang menjadi
industri rumah tangga yang cukup menguntungkan.
3. Bahan
Baku
Bahan baku utama
bros ini adalah kain flanel beraneka warna, sebab selain murah, bahan ini juga
mudah didapatkan dengan banyak pilihan warna yang dapat dikombinasikan sehingga
menghasilkan padanan warna yang menarik. Selain kain flanel, bahan lainnya
adalah lem tembak, manik-manik, gunting, jarum, benang jahit, serta peniti
bros.
4.
Proses Produksi
Proses
produksi/pembuatan saya lakukan dirumah. Saya hanya memberikan satu buah contoh
bros dari kain fanel. Berikut adalah tahap pembuatan untuk satu model bros
(sebagai contoh):
Model
bunga gulung
1. Gunting
memanjang kain flanel dengan ukuran lebar ±1,5cm (untuk bros yang berukuran
besar) dan ±1cm (untuk bros berukuran sedang). Untuk model ini, saya
mengombinasikan 2 warna kain.
2. Tumpuk
2 warna kain lalu gulung dengan ketebalan diameter menyesuaikan dengan selera,
kemudian rekatkan ujungnya dengan bantuan lem tembak agar gulungan tidak buyar.
Saat menggulung, pastikan gulungan benar-benar rapat agar hasilnya tidak
terlihat goyah/longgar.
3. Satukan
gulungan yang telah dibuat tadi dengan memberikan lem di pinggiran gulungan
yang berada di bagian tengah hingga membentuk bunga.
4. Kemudian
gunting kain flanel berbentuk lingkaran yang diameternya lebih kecil dari lebar
bunga yang sudah dibuat kemudian rekatkan ke bunganya. Ini berguna sebagai alas
dari bros sekaligus tempat untuk menempelkan penitinya.
5. Masukkan
kedalam plastik transparan.
C.
Aspek
Manajemen
1.
Informasi
Tentang Partner
Saya bekerja sama dengan seorang penjual aksesoris
yang sudah 5 tahun bekerja sebagai penjual aksesoris di Pajak Kaget Kota Tebing
Tinggi dan saya sebagai pegawai yang bekerja disekolah Madrasah Aliyah juga
sebagai Pembina atau yang menjalankan sebuah koprasi di sekolah tersebut, atas
izin Kepala Sekolah saya dapat menjualkannya dikoprasi sekolah tersebut.
2. Informasi
Organisasi Usaha
Belum
ada organisasi yang menyangkut beberapa orang, dalam usaha ini saya sebagai
pemilik usaha sekaligus pembuatan usaha bros/produk, dan mengorder/memasarkan.
D.
Aspek
Keuangan
1. Modal
Awal
Modal awal dari
usaha ini merupakan modal pribadi saya. Jumlah modal yang diperlukan untuk
membeli bahan yang digunakan adalah sebesar Rp. 48.000., dengan rincian sebagai
berikut:
1. Kain
flanel 4 warna @Rp. 7.000/ 1/4m = Rp. 28.000.
2. Lem
tembak 2 batang =
Rp. 5.000.
3. Manik
– manik 12 buah @Rp 500 =
Rp 6.000
4. Peniti
Bros 1 lusin =
Rp. 9.000. +
Jumlah = Rp. 48.000
(Alat dan bahan lain
adalah milik pribadi saya)
2. Harga
Jual
Harga jual 1
buah bros adalah Rp. 5.000. Dengan harga tersebut, total jumlah pendapatan dari
penjualan bros yang telah dibuat adalah Rp. 72.000.
3. Keuntungan
Diperkirakan
lebih kurang 1 kin flannel dapat dibuat 6 buah bros, jadi 4 kain flannel dapat
dibuat 24 buah bros. Dari total penjualan seluruh barang (Rp. 120.000 dari 24bh
x Rp. 5.000.), dikurangi total biaya yang dikeluarkan (Rp. 48.000.), maka total
keuntungan adalah Rp. 72.000.
E.
Aspek
Persaingan
Sebelum melaksanakan suatu
usaha baru, kita perlu mengetahui hal-hal atau aspek-aspek yang berpengaruh
terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan
(strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats).
Dengan melakukan analisis
terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas :
A. Kekuatan yang dapat mendukung untuk mencapai sasaran
usaha (Strength)
1.
Memulai usaha ini mudah dan tidak akan
mengalami kerugian yang besar seandainya usaha tersebut tidak berjalan, karena
disini modal pemilik di investasikan dalam bentuk aksesoris flanel, jadi
seandainya produk tidak laku dijual, produk tersebut masih bisa dijual ke
tempat lain.
2.
Jumlah pengeluaran yang dibutuhkan tidak
begitu besar karena sebagian bahan baku bisa diperoleh dari limbah kain dari
home industri dan grosiran Aksesoris. Selain itu, bahan baku yang dihasilkan
bervariasi dan biayanya terbilang cukup murah.
B.
Kelemahan
yang membatasi atau menghambat kemampuan dalam mencapai sasaran usaha (Weakness)
1.
Keterbatasan waktu yang saya miliki dalam
proses pembuatan produk karena selain kuliah, saya juga masih bekerja sebagai
pegawai disekolah Madrasah Aliyah Kota Tebing Tinggi.
2.
Jika tidak kreatif dan tidak berusaha mencari
model-model aksesoris yang baru maka konsumen akan cepat merasa bosan dengan
model yang hanya itu-itu saja.
C.
Peluang
usaha (Opportunity)
1.
Peluang terbesar dari usaha ini adalah
diantara teman-teman lain tidak ada yang melakukan usaha serupa.
2.
Keuntungan yang didapat cukup besar jika
dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan.
3.
Mudahnya mendapatkan bahan baku yang
dibutuhkan dalam proses produksi serta harga bahan baku yang murah.
4.
Jika ditekuni, usaha ini masih sangat
menjanjikan melihat potensi pasar yang masih terbuka luas.
D.
Hal
hal yang dapat mengancam dan membahayakan kegiatan usaha (Threat)
1.
Ancaman utama dari usaha ini adalah saya
tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengerjakan sehingga kemungkinan usaha ini untuk tetap terjaga
keberlangsungannya menjadi kecil.
2.
Selain alasan pertama diatas, saya juga
merupakan tipe orang yang mengerjakannya
lebih sering dilakukan saat mood saya sedang baik, yang waktu-waktu untuk itu
tidak dapat diprediksi sebelumnya.
3.
Kemungkinan untuk orang lain membuka usaha
yang sama sangat besar sehingga peluang persaingan terbuka lebar.
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
Dari analisis
dan penjelasan yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, menurut pribadi saya
bahwa secara keseluruhan usaha ini masuk dalam kategori layak untuk dijalankan
karena beberapa alasan berikut :
1. Masih
terbukanya peluang untuk berkembang lebih besar
2. Keuntungan
dapat dicapai dalam waktu yang relatif singkat
3. Secara
umum, jumlah anak-anak, remaja putri, mahasiswa maupun ibu-ibu yang mengenakan
jilbab dan berpotensi menjadi konsumen cenderung meningkat.
4. Dapat
memberikan penghasilan tambahan jika dikelola dengan baik.
B.
Saran
Untuk memulai
suatu usaha, tidak hanya modal yang dibutuhkan oleh calon pengusaha, tetapi
juga pengetahuan dan keberanian untuk memulainya. Untuk itu, saya dapat
memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat berguna bagi pembaca, yaitu :
1. Ide
tidak selalu datang dengan sendirinya, sehingga kita dituntut untuk giat
mencari dan menemukan ide baru sebelum memulai usaha yang akan kita jalankan.
Pencarian ide bisa melalui browsing ,
rajin membaca majalah ataupun media lain.
2. Berani
memulai usaha dan mencari tahu mengenai seluk beluk jenis usaha yang kita lakukan
sehingga kita memiliki persiapan sebelumnya. Jangan sampai ide kita hanya
berakhir dikepala saja.
3. Khusus
untuk jenis usaha seperti yang saya lakukan, sering-seringlah mencoba/berkreasi
membuat bentuk yang baru dan berlatih mengkombinasikan warna agar produk yang
dihasilkan lebih menarik.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Ramadhaningsih,
Sri. (2014). Study Kelayakan Bisnis Aneka Bros. Tebing Tinggi: Hasil Pemikiran
atau Ide.
2.
Sumber
lain :
1.
Internet/Websate
: tentang materi Aspek Study Kelayakan Bisnis : http://materi-lecturing.blogspot.com/2012/08/studi-kelayakan-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar